RSS

Menebar Cinta Kasih Terhadap Sesama

04 Jun

“Demi Allah yang diriku dalam Kuasa-Nya, kamu  tidak akan masuk surga sebelum kamu beriman. Kamu tidak beriman, sebelum kamu saling mencintai dan menyayangi satu sama lain”.[HR Muslim]

Cinta dan kasih sayang merupakan fitrah (asasi) yang melekat di dalam jiwa manusia sejak lahir. Kehadirannya tidak sekedar menjadi pelengkap, namun merupakan bagian terpenting dalam kehidupan umat manusia. Kehidupan tanpa cinta dan kasih sayang  terasa kering kerontang, karena hakekatnya, ia merupakan penghubung antara sesama manusia. Bahkan ada ungkapan yang terlahir:”seandainya cinta dan kasih sayang itu telah berpengaruh dalam kehidupan, niscaya manusia tiada lagimemrlukan keadilan.”

Mungkin ungkapan itu terasa klise bagi sebagian orang, namun bila kita menelisik lebih jauh akan titah baginda Nabi Muhammad SAW, niscaya kita akan menyadari betapa pentingnya cinta dan kasih sayang itu hadir di dalam kehidupan kita.  Karena dengan cinta itu pula akan hadir rasa aman, tentram,  dan perdamaian di antara umat manusia didunia ini

Demikian pentingnya cinta dan kasih sayang ini sehingga Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bertitah dalam sabda-nya (sebagaimana yang tertuang dalam muhasabah tulisan ini), “Demi Allah yang diriku dalam Kuasa-Nya, Kamu tidak akan masuk surga sebelum kamu beriman. Kamu tidak akan beriman sebelum kamu mencintai dan menyayangi satu sama lai,”[HR Muslim].

Seorang muslim yang hakiki mencintai Allah dengan sepenuh hatinya, diatas cinta manusia kepada ibu bapaknya, kepada anaknya, bahkan kepada dirinya sendiri.Dicintainya pula apa yang datang dari Allah dan segala apa yang dicintai Allah. Dicintainya Nabi yang diutus Allah menjadi rahmat bagi segenap makhluk hidup. Dan, seorang muslim yang paripurna,juga mencintai sesamanya, baik  yang seakidah maupun yang berbeda latar belakang agama, ras, dan golongannya.

 

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Juni 2011 in Serba-Serbi

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: