RSS

Menghadirkan Toleransi

04 Jun

Dengan meleburnya cinta dan kasih sayang didalam diri seorang muslim, dan tertanamnya kesejatian Islam yang selalu menebarkan kedamaian dan ketentraman didalam kehidupannya, maka akan lahir sikap memahami anatara satu dengan lainnya. Perbedaan tidak lagi dianggap sebagai sebuah ancaman, karena hakekatnya Allah SWT menciptakan manusia dengan segenap perbedaannya.

Bahkan, dalam hal keyakinan, Allah Ta’ala menegaskan dalam firmannya, yang artinya: ” Dan kalau Tuhan mau, niscaya dijadikannya manusia ini satu umat (satu kepercayaan) saja, tetapi mereka akan berlainan pendapat,”(QS Hud (11): 118).”…apakah engkau hendak memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman.” (QS Yunus (10:99)).

Hal tersebut semakin ditegaskan oleh Allah SWT dalam firmannya yang lain, lakum dinukum waliyadiin, untukmu agamamu dan untukku agamaku, bahwa keyakinan bukanlah sesuatu yang bisa dipaksakan, namun biarkanlah yang lain berkeyakinan sebagaimana yang diyakininya selama tidak mengganggu dan mencampuradukkan keyakinan kita sebagai seorang muslim. Karena hakikatnya, berislam itu tidak lain merupakan hidayah yang datangnya langsung dari Allah SWT.

Ketika ayat-ayat cinta dari Allah ini menjadi bagian dalam kehidupan seseorang muslim, maka semestinya sikap bijaksana dalam menghadapi perbedaan pun akan hadir, dan pada akhirnya melahirkan sikap toleransi yang tetap sesuai dengan koridor yang digariskan oleh Allah Ta’ala

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Juni 2011 in Serba-Serbi

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: