RSS

Alasan Mengapa Bulan Ramadhan Lebih Istimewa Dibanding Bulan yang Lain

06 Agu

beberapa waktu yang lalu saya mengikuti shalat tarawih dengan tema yang sebenarnya cukup sederhana tetapi maknanya sangat dalam. Isi dari kultum tersebut salah satunya adalah membahas tentang alasan mengapa bulan ramadhan lebih istemewa dibanding bulan lain. Sebenarnya paling tidak ada 3 alasan mengapa bulan ramadhan istemewa dibandingkan dengan bulan yang lain, yaitu:

1). Karena pada bulan ramadhan merupakan bulan pada waktu turunnya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manusia. Hal ini dijelaskan dalam surat Al-Baqarah sebagai berikut:

dalam ayat diatas terdapat hal yang menarik yaitu tentang kata hudalinnas yaitu petunjuk bagi umat manusia. Kenapa tidak hudalil mukminin, hudalil muslimin atau hudalil mutakin. Ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi manusia,  tidak hanya umat islam saja tetapi umat-umat yang lain pun dapat menggunakan Al-Qur’an dalam upaya untuk memecahkan persoalan yang ada didunia. Kemudian hal yang menarik kedua adalah Al-Furqon yaitu Al-Qur’an sebagai pembeda antara yang hak dan yang batil. Jadi Al-Qur’an juga digunakan sebagai pedoman dalam bertindak, mana yang baik dan buruk, mana yang harus kita laksanakan dan mana yang harus kita tinggalkan.

2). Karena pada bulan Ramadhan terdapat Al-Qadr atau malam lailatul Qadr

Laitul Qadr merupakan salah satu keistemewaan yang tidak terdapat pada bulan-bulan lain, malam yang lebih baik dari 1000 bulan.  Dalam beberapa dalil dijelaskan  bahwa lailatul Qadr biasanya muncul pada sepuluh hari terakhir pada bulan ramadhan, dalam beberapa  hadits juga disebutkan bahwa lailatul Qadr muncul pada malam ganjil pada sepuluh hari terakhir dibulan ramadhan. Namun terlepas dari itu kita harus mempersiapkan diri kita sebaik-baiknya terutama pada sepuluh hari terakhir.

3). Karena pada bulan ramadhan pintu-pintu keburukan ditutup, kemudian pintu-pintu kebaikan dibuka selebar-lebarnya.

Kalau pada bulan-bulan biasa banyak berbuat maksiat dikarenakan banyak godaan maka dibulan ramadhan ini pintu-pintu keburukan dikunci rapat-rapat, salah satu caranya yaitu dengan berpuasa, dengan berpuasa kita melatih diri kita untuk berpuasa jasmani dan rohani dari tebit fajar sampai matahari terbenam.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Agustus 2011 in Serba-Serbi

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: